Bencana Alam dan Berita Hoax(2)




Disini saya ingin sedikit bercerita soal media sosial jaman sekarang yg bisa diakses oleh siapa saja. Seperti yg kita ketahui bahwa media sosial ini menjadi sarana informasi yg sangat mudah kita akses, akan tetapi tidak sedikit informasi informasi yg kita dapatkan itu tidak benar adanya atau kita biasa sebut Hoax.

Pada saat saya sedang membaca judul judul artikel untuk menjadi ide dalam postingan blog saya, ada 1 artikel yg membuat saya geleng geleng kepala dan tidak habis pikir. Mau ngakak tapi takut kena azab:(

Isi artikelnya seputar soal bencana alam yg terjadi di Daerah Palu barubaru ini yaitu gempa dan tsunami. Bencana alam yg memakan cukup banyak korban jiwa dan merusak sebagian tempat tinggal warga Palu ini menarik perhatian para oknum tidak bertanggung jawab untuk membuat artikel artikel karangan imajinasi mereka dengan tujuan membuat warga yg membacanya merasa takut atau terancam.

Kita sendiri tau ya, apa apa yg terjadi dimuka bumi ini entah itu fenomena alam, bencana alam, bahkan kita bernafas setiap detiknya pun itu semua karna kehendak dari Tuhan. Bencana alam yg terjadi di Palu tersebut pun merupakan kehendak Tuhan. Entah itu sebagai pelajaran bagi manusia untuk membuka mata dan hati supaya bertobat kah, atau sebagai pelajaran bagi mereka untuk merawat alam dengan baik.

Akan tetapi dari judul artikel yg saya liat ini, seolah olah berpendapat bahwa yg terjadi didunia ini ya merupakan ulah bumi dan manusia tanpa kehendak Tuhan.




Dijudul artikel itu tertulis bahwa pendapat para ilmuan soal bencana alam di Palu tsb tidak wajar karna ada campur tangan dari Tuhan? Sangat jelas sekali bahwa judul tersebut sangat lucu. Saya sendiripun tdk tertarik untuk membaca artikel tsb karena judulnya yg tidak berfaedah.

Tidak ada salahnya orang memiliki pendapat masing masing, tapi berpendapatlah sesuai dengan akal manusia, tidak ada salahnya membuat artikel untuk menarik perhatian pembaca, tapi pikirkanlah artikel yg masuk akal.

Saya cukup menghela nafas panjang ketika melihat banyak artikel artikel hoax yg tersebar di media sosial, ada beberapa yg memercayainya dan ada juga yg mungkin sependapat dengan saya.

Intinya disini jangan lah membawa bawa nama Tuhan untuk hal yg bisa dibilang konyol untuk menarik perhatian publik. Karna kita tau semua yg kita jalani dan terjadi itu semua sudah kehendak dari Tuhan.

Mungkin kita tidak bisa menghentikan para oknum yg terus terusan menyebarkan berita hoax, tapi dari kita sendiri bisa menilai mana artikel yg real dan mana artikel yg bertujuan hanya untuk menakut nakuti orang lain

Comments